Home » » CONTOH TUGAS BAHASA INDONESIA CERITA LIBURAN DIRUMAH

CONTOH TUGAS BAHASA INDONESIA CERITA LIBURAN DIRUMAH

Written By very firdaus on Minggu, 18 Mei 2014 | 01.53.00




NAMA :VERY FIDHAUS



NO        :30



KELAS :X7
 ”KEGIATAN IBURAN SEKOLAH”

 P
ada hari senin kemarin yaitu tanggal 11-02-2014 , itu dimulai dari pagi hari , karena apa hari senin sampai senin yang akan datang itu libur . kelas saya bahkan kelas semua digunakan untuk ujian sekolah kalu tidak salah , oleh kakak kelas  12 , jafi hari-hari libur ini saya pergunakan untuk membantu orang tua , saya bercerita mulai hari senin kemarin , saya pagi hari , mengantar adik saya pergi kesekolahan dengan naik sepeda montor , setelah mengantarkan adik saya sekolah , saya membantu orang tua yaitu mengeringkan gabah yang telah dicari ibu saya , gabah tersebut bukanlag gabah hasil panen sendiri akan tetapi gabah tersebut diperololeh ibu saya dari ngasak ketempat lahan-lahan orang yang telah panen . kalau belum tau apa itu ngasak yaitu ibu saya menerima padi yang telah dibersihkan melalui mesin tradisonal akan tetapi padi tersebut belumlah bersih semua , tapi ada sisa-sisa padi yang masih menempel pada sehelai-sehelai padi tersebut , kemudian padi tersebut di bersihkan ibuk saya dengan memukul padi sampai bersih , padi yang menempel pada sehelai-sehelai padi pada habis , itu dilakukan sampai perkerjaan selesai . memang sungguh besar perjuangan orang tua , itu semua hanya untuk anak semata agar anaknya tidak kekurangan makanan , mungkin sebagai cambuk semangat saya dalam belajar.
Setiap pagi-pagi saya dan ibuku kemudian menjemur gabah didepan rumah yang kosong , ketika gabah tersebut selama dikeringkan itu dipasrahkan kepada saya , karena apa ibu saya mau pergi , pergi untuk mencari gabah lagi kelahan-lahan yang sudah panen . kata ibu saya “selama sawah masih ada padinya ibu saya tetap mencari” untuk menghidupi kebutuhan keluarga , selama saya mengeringkan gabah , saya harus menjaga gabah agar para ayam jangan sampai memakan gabah saya dan juga saya harus mengorak-ngarik gabah saya karna apa supanya gabah saya keringnya merata , itu harus di lakukan   secepatnya ketika gabah bagian atas terlihat kering dan harus di orak-arik , itu harus dilakukan ketika cuaca panas dan apabila cuaca tidak panas lagi segera saya kemas kedlam bagor , selam gabah belum kering , kegiatan menjemur gabah belum selesai , memang kegiatan itu terlihat gampang , tapi itu semua melawan teriknya sinar matahari apalagi ketika kaki digunakan untuk mengorak-ngarik gabah kaki tersa panas , karena apa gabah tersebut sudah panas sekali dan juga sudah terkena panas terik matahari terlebihdahulu , bahkan itu harus dimulai dari samaping , tengah dan kebali kesamping , tu bukan bukan hanya satu layar tapi 3 layar walaupun layar tersebut tidaklah terlalu lebar berukuran 10 x 5  m , tapi kaki terasa panas dan gatal , samapai-sampai mengeluarkan keringat cukup banyak pada tubuh saya dan kepala saya bahkan itu harus dilakukan setiap waktu , ketika itu saya lakukan dan saya tak pernah mengeluh yang saya lakukan itu di lakukan rata-rata jam 10.00 pagi -03.00 sore sangatlah melelahkan dan itu dilakukan hari senin samapai hari senin kembali .

SEKIAN TERIMAKASIH


Share this article :

0 komentar:

VISITORS

Flag Counter
Sports Comments Pictures

Arsip Blog

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. GUDANG ILMU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger